Mother (Madeo)

film di bembem 21




Hye-ja adalah seorang wanita paruh baya sederhana yang setiap hari bekerja sebagai penjual ginseng dan ahli akupuntur ilegal untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan Do-joon, putra semata wayangnya. Do-joon bukanlah pemuda biasa, ia menderita gangguan mental sejak kecil yang membuatnya bertingkah laku tidak wajar dan memiliki daya ingat yang terbatas.
Suatu hari seorang gadis SMA setempat ditemukan tewas di sebuah bangunan tua. Polisi menemukan sebuah bukti yang mengarah kepada Do-joon yang kemudian mengakibatkan pemuda 28 tahun itu ditangkap dan diinterogasi. Namun karena keterbatasan daya ingatnya membuat polisi tidak ada pilihan selain menjadikannya tersangka dan memenjarakannya. Hye-ja yang terkejut dan tidak percaya Do-joon melakukan pembunuhan tersebut kemudian berjuang dengan berbagai cara untuk membuktikan bahwa putra kesayangannya itu tidak bersalah dan apa yang ditemukannya dalam penyelidikannya ternyata sangat mengejutkan dan benar2 diluar dugaan.

" Kasih ibu kepada beta tak terhingga sepanjang masa" .......Sepenggal lirik lagu "Kasih Ibu" tsb mungkin bisa sedikit banyak menggambarkan pesan yang ingin disampaikan Madeo / Mother, dimana cinta dan perjuangan seorang ibu terhadap nasib anaknya benar2 di uji. Film garapan, Bong Joon-ho yang juga sukes menjadikan The Host sebagai salah satu box office Korea ini digarap dengan apik, khususnya pada storyline nya yang kuat dan akting prima dari kedua pemain utamanya.
Sekilas dilhat dari tema yang diangkat mungkin beberapa orang akan beranggapan film satu ini sebagai sebuah melodrama yang menjual kisah2 sedih seperti kebanyakan drama2 Korea lain. jika anda berpikir seperti itu siap2 saja terkejut dengan apa yang ditampilkan oleh film thriller-mistery satu ini. Ruang lingkup yang diangkat sebenarnya cukup sempit, hanya berputar putar pada satu kota kecil. Namun yang membuat menjadi istimewa adalah bagaimana Bong Joon-ho mampu memaksimalkan potensi2 yang ada seperti cerita, visual dan kualitas akting menjadi sebuah film yang indah dan memikat yang mampu membuat penontonnya penasaran dengan misteri2 yang diberikan. Bukan hanya itu saja, twist ending yang mengejutkan dan tidak terduga juga menjadi nilai plus tersendiri bagi film yang menjadi perwakilan Korea Selatan untuk masuk dalam ajang Oscar 2010 ini.
Untuk kualitas akting tidak perlu diragukan lagi, penampilan Kim Hye-ja dan Won Bin benar2 bagus. Sampai saat ini menurut gue sosok Kim Hye-ja benar2 mampu mewakili sosok karakter seorang ibu yang luar biasa dalam menyayangi anaknya, walaupun cara yang dilakukannya terbilang agak unik dan berlebihan. Dan untuk Won Bin, bisa dibilang penampilannya di film ini termasuk salah satu akting terbaiknya, gue melihat sosok Won Bin yang sama sekali berbeda dari film2 yang sudah2, aktor berusia 33 tahun ini sukses memerankan karakter seorang pengidap gangguan mental dengan meyakinkan.
Overall, Madeo / Mother dengan ceritanya yang kuat dan akting pemainnya yang prima bisa dibilang karya Bong Joon-ho satu ini merupakan film Korea terbaik 2009.

0 komentar:

Posting Komentar

Bembem 21 © 2008. Design by :bembem D.choy Sponsored by: bembem D.choy Commentcute